.::SELAMAT DATANG::.

Jumat, 06 Januari 2012

Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan- penjualan tersebut.
Tujuan utama siklus pendapatan yaitu menyediakan produk yang tepat di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang sesuai.

Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan

1.Penerimaan pesanan dari para pelanggan
* mengambil pesanan pelanggan
* Persetujuan kredit
* Memeriksa ketersediaan persediaan
* Menjawab permintaan pelanggan

2.Pengiriman barang
* Ambil dan pak pesanan
* Kirim pesanan
* Penagihan dan piutang usaha
* Penagihan
* Pemeliharaan data piutang usaha
* Pengecualian : Penyesuaian rekening dan penghapusan

4.Penagihan kas

Pengendalian : Tujuan, Ancaman, Prosedur

Didalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan berikut ini bisa dicapai :

1. Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar
2. Semua transaksi yang dicatat valid (benar2 terjadi)
3. Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat
4. Semua transaksi dicatat dengan akurat
5. Asetdijaga dari kehilangan ataupun pencurian
6. Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif
Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan dan Model Data 

SIA didesain untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data kegiatan bisnis agar manajemen mendapatkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan


1. Data Operasional


Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :

• Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan 
• Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak 
• Menentukan ketersediaan persediaan 
• Memilih metode untuk mengirim barang 

2. Informasi Sekarang dan Masa Lalu

Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :

• Menentukan harga produk dan jasa 
• Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi 
• Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan 
• Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek 
• Merencanakan kampanye pemasaran yang baru 

3.Penilaian Kinerja

SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting berikut ini :

• Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan 
• Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan 
• Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang 
• Tingkat dan tren kepuasan pelanggan 
• Analisis pangsa pasar dan tren penjualan 
• Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan 
• Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan 
• Keefektifan iklan dan promosi 
• Kinerja staf penjualan 
• Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar