.::SELAMAT DATANG::.

Kamis, 24 November 2011

BASIS DATA

BASIS DATA

Model data digunakan untuk mendeskripsikan rancangan basis data pada level lojik. Ada beberapa model data, antara lain:
Model Entity-Relationalship Pada model ini suatu basis data merupakan representasi dari sekumpulan objek dasar dan relasi yang menghubungkan entitas.
Model Relasional Model relasional menggunakan bentuk table-tabel untuk mempresentasikan data danrelasinya. Model ini menempati level abstraksi yang lebih rendah dari pada model E-R karena sifatnya langsung menunjukkan bentuk record yang akan dikirimkan dalam suatu file.
3. Selain model tersebut terdapat model-model lain seperti object to object-oriented, object-relasional dsb.Dalam model data juga terdapat konsep yang penting, yaitu:·  Constraint, yaitu batasan yang harus dipenuhi dalam suatu struktur basis data.· Key, berfungsi mengidentifikasikan atribut khusus yang membedakan setiap entitas. Contoh: primary key, foreign key.·  Query adalah statemen yang digunakan user mengakses basis data.

Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar computer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting di system informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya.Penerapa database dalam system informasi disebut dengan database system.Sistem basis data (database system) ini adalah suatu system informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi. Tujuan dari desain database adalah untuk menentukan data-data yang  Dibutuhkan dalamsistem, sehingga informasi yang dihasilkan dapat Terpenuhi dengan baik

Perencanaan
Terdiri dari perencanaan awal unuk menetapkan kebutuhan dan kelayakan pengembangan sistem baru.
Analisis persyaratan
Tahap ini mencakup identifikasi kebutuhan informasi para pemakai, menetapkan sistem baru yang diajukan serta menggunakan informasi yang berkaitan dengan perkiraan jumlah pemakai untuk membantu anda membuat keputusan awal mengenai persyaratan hardware dan software.
Desain
Mencakup pengembangan berbagai skema berbeda untuk sistem yang baru pada tingkat konseptual, eksternal, dan internal.
Pengkodean (coding)
Mencakup penerjemahan skema tingkat internal ke struktur database sesungguhnya.
Implementasi
Mencakup aktivitas yang berhubungan dengan mentransfer data dari sistem sebelumnya ke database SIA yang baru.
Operasional dan Pemeliharaan
Mencakup pengawasan atas kinerja sistem baru dan kepuasan pemakai, untuk menetapkan kebutuhan untuk meningkatkan sistem.
Model data Tahap ini mencakup identifikasi kebutuhan informasi para pemakai, menetapkan sistem baru yang diajukan serta menggunakan informasi yang berkaitan dengan perkiraan jumlah pemakai untuk membantu anda membuat keputusan awal mengenai persyaratan hardware dan software.

Contoh REA dalam diagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar