.::SELAMAT DATANG::.

Senin, 02 Januari 2012

Strategi Membina Hubungan Baik Dengan Pers


Hubungan antara Humas dengan pers cetak, TV maupun radio  sangat erat kaitannya dalam menjalankan tugas memberikan informasi kepada masyarakat, Humas memberikan informasi kepada pers, lalu pers menyalurkan informasi itu kepada masyarakat, pertemuan tanpa direncanakanpun kadang kala sudah inspirasi insan pers untuk dijadikan bahan berita. Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu membina hubungan baik dengan pers, antara lain:
·         Memahami dan melayani media
Dengan berbekal semua pengetahuan, maka seorang PR akan mampu menjalin kerja sama dengan pihak media, seorang PR juga akan dapat menciptakan suatu hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.
·         Membangun hubungan sebagai orang yg dapat dipercaya
Seorang PR harus senantiasa siap menyediakan materi-materi yang akurat dimana saja dan kapan saja hal itu dibutuhkan. Hanya dengan cara inilah seorang PR akan dipercaya sebagai sumber informasi yang akurat. Dari hal tersebut maka komunikasi timbal balik yang saling menguntungkan akan lebih mudah diciptakan dan dipelihara.
·         Menyediakan informasi yang baik
Menyediakan hasil foto-foto yang baik, menarik dan jelas. Dengan adanya teknologi pemasukan data langsung melalui komputer (teknologi ini sangat memudahkan koreksi dan penyusunan ulang dari suatu terbitan, seperti siaran berita, penyediaan salinan naskah dan foto-foto yang baik secara cepat menjadi semakin penting).
·         Bekerja sama dalam penyediaan materi
Sebagai contoh, seorang PR dan Jurnalis dapat bekerja sama dalam mempersiapkan sebuah acara wawancara atau temu pers dengan tokoh-tokoh tertentu.
·         Menyediakan fasilitas verifikasi
Seorang PR juga perlu memberi kesempatan kepada para jurnalis untuk melakukan verifikasi (membuktikan kebenaran) atas setiap materi yang mereka terima. Contoh konkretnya, para jurnalis diizinkan untuk langsung melihat fasilitas atau kondisi-kondisi organisasi/perusahaan yang hendak diberitakan.
·         Membangun hubungan personal yang kokoh
Sebuah hubungan personal yang kokoh dan positif hanya akan tercipta serta terpelihara apabila dilandasi oleh keterbukaan, kejujuran, kerja sama, dan sikap saling menghormati profesi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar